Nurul Amaliah, 3EA16, 10209976
Nama Penulis / Tahun : BASU SWASTHA DHARMMESTA/1999
Judul Penelitian : Loyalitas pelanggan : sebuah kajian konseptual sebagai panduan bagi peneliti
Sumber Jurnal / URL : Jurnal ekonomi dan bisnis Indonesia 1999 vol 14, no. 3,73-88 Universitas Gajah Mada
Masalah/Tema/ Topik :
1. Bagaimana mengidentifikasi pelangga yang loyal pada merek ?
2. Paritas merek (brand parity) menjadi tantangan bagi pemasar untuk mengatasinya?
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui seberapa loyal pelanggan terhadap barang bermerek
Teori-teori yang digunakan :
- Pemasaran- Perilaku Konsumen
Metode-metode Penelitian :
- Objek : Merek dan produk
- Jenis Data : Data Primer, Data sekunder, Daftar pustaka
- Model/teori yang di uji :
St = b0 + b1Perf t + b2Et + b3St-1 + Trend + n1
St = kepuasan pada period t
Perft = kinerja (perilaku pada tingkat perusahaan) pada periode t
Et = pengharapan tentang kinerja pada periode t
Trend = faktor trend standard untuk memperhitungkan perubahan kepuasan dari tahun ke tahun
n1 = variabel random yang terdistribusi secara independent dan identik dengan rata-rata nol dan varians terbatas.
Kesimpulan
Loyalitas merek yang dikembangkan mencakup semua aspek psikologis konsumen secara total agar tidak mudah berubah . Konsumen yang loyal merek akan bergantung pada kategori produknya. Sebagai contoh konsumen yang loyal pada obat tradisional tidak akan loyal pada obat non-tradisional. Oleh karna itu pemasar perlu memperkirakan loyalitas merek untuk kategori khusus.